Header Ads

ads

Mencari Solusi Atasi Banjir Cempaka Putih

Al Muawanah - Pengerjaan pembuatan sumur resapan sebagai solusi meminimalisir banjir di RW 012 Komp. Setneg Cempaka Putih Barat, telah dimulai Selasa pagi tadi, 17 November 2020. Untuk tahap awal, akan dibuat tujuh sumur resapan di jalan CPB 14. 

Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Pusat, mulai melakukan persiapan pembuatan kolam rentensi dan drainase vertikal di depan SDN 17 RW 012 dan di Jl. CPB 26 RW 04 CPB. Direncanakan, pembuatan beberapa sumur resapan juga akan dibuat di RW 08.


Kesungguhan Sudin SDA mencari solusi banjir Cempaka Putih, tentu sangat diapresiasi warga. Apalagi, Kasudin SDA Jakarta Pusat, Achmad Saiful dan Kasatlak SDA Kecamatan Cempaka Putih, beberapa kali meninjau lokasi embung/resapan yang harus dibuat, baik di RW 012 Komplek Setneg maupun RW 08 Komp Dittopad. 


"Kesungguhan SDA Jakarta Pusat menggarap pembuatan kolam retensi dan drainase vertikal dan beberapa sumur resapan di lingkungan Komplek Setneg, patut diapresiasi dan harus dikebut karena sebentar lagi musim hujan tiba," ujar Ketua RW 012, Moch Taat, saat dimintai keterangannya, Selasa.

Baca juga: Kondisi Selokan Jadi Penentu Selesainya Drainase RW 012  


Ketua RW 012 mengungkapkan, hal itu berawal dari pertemuan yang digagas oleh Ketua Komisi E  DPRD DKI/anggota Tim Penanggulangan Banjir DKI, Iman Satria yang mengumpulkan seluruh Ketua RW dan LMK se-CPB di Gedung Graha 12 CPB RW 012 pada 22 Oktober 2020. 


Di mana, pada kesempatan tersebut, Iman Satria mengaku sengaja mengadakan pertemuan itu untuk mencari solusi dan terobosan, serta menerima masukan dalam mengatasi banjir di Cempaka Putih, selain upaya yang telah dilakukan Pemprov DKI seperti normalisasi selokan, pengerukan kali, dan pembuatan pompa air.


Dalam pertemuan tersebut, juga dihadiri Kasudin SDA Jakpus, Ahmad Saiful, untuk mencari masukan terkait solusi penanganan banjir Cempaka Putih.

Ahmad Saiful mengatakan, sementara embung belum dibuat, untuk meminimalisir banjir dibuat dahulu kolam retensi dan drainase vertikal sepanjang 24 meter di Jl. CPB 14 dan akan dibuat beberapa titik sumur resapan di wilayah rawan banjir RW 012 dan RW 08.


Sementara itu, dari pertemuan tersebut menghasilkan rekomendasi usulan jangka pendek dan jangka panjang.

Jangka pendek: pembuatan lima embung di jembatan serong Percetakan Negara, di depan SDN 03 Cempaka Putih Timur, Jl CPB 14, fasos fasum Lapangan OR RW 012 dan Jl. CPB 26 RW 04, serta satu rumah pompa di RW 08.

Jangka panjang: muncul gagasan pembuatan embung di lapangan Arcici yang disampaikan Iman Satria.


Selain itu, rencana pembuatan embung di fasos fasum Lap OR RW 012 telah mendapatkan persetujuan tertulis dari Kementerian Sekretariat Negara.

Di sisi lain, sebelum ada pertemuan di Gedung Graha  RW 012, Yusmada, asisten Pembangunan Provinsi DKI, bersama Sekretaris Kota Jakarta Pusat, Camat Cempaka Putih, dan Lurah CPB meninjau wilayah termasuk RW 012 untuk mencari solusi banjir, dan tercetuslah pembuatan embung sebagai solusi mengantisi banjir di Cempaka Putih, salah satunya di  CPB 14. (as)


Baca juga: Gerbak Masker Sasar RW 012 Komplek Setneg