Header Ads

ads

Membaca Istigfar Membuat Harta Berlimpah

Al Muawanah - Membaca istigfar, ternyata membuat hidup berlimpah harta dan mendapatkan keberkahan dari Allah Azza wa Jalla, dan ini adalah impian banyak orang di dunia. Namun, masih banyak di antara kita yang masih saja kesulitan mendapatkannya, padahal hanya dengan membaca istigfar saja kita bisa mendapatkannya.


Membaca Istigfar Melapangkan Rezeki

Banyak riwayat, seperti dikutip dari Sahijab.com, yang menuliskan bagaimana meminta ampun kepada Allah Azza wa Jalla, bisa menjadi kunci untuk kita mendapatkan rezeki. Nabi Nuh Alaihissalam, bahkan meminta umatnya untuk berdoa dan bertaubat kepada Allah Azza wa Jalla.

Baca juga: Bacaan Doa Taubat Nasuha 

Dan seketika, hujan turun yang membuat tanah subur yang kemudian menambah harta-harta pengikutnya. Itu hanya sebagian kecil riwayat bagaimana membaca istigfar dan memohon ampunan dari Allah Azza wa Jalla bisa menambah harta.

Begitu juga, Umar bin Khattab Radhiyallahu anhu yang selalu melantunkan ayat-ayat tentang istigfar. Dan, banyak yang meminta kepadanya tentang mengatasi segala permasalahan hidup, dan selalu dijawabnya "Mintalah ampun kepada Allah Azza wa Jalla."


Jawaban yang sama selalu diucapkannya, ketika seseorang yang mengeluhkan kefakiran kepadanya. Ada juga yang meminta keturunan, yang selalu dijawabnya dengan jawaban yang sama.

Hal tersebut, bukan karena pendapatnya, melainkan tertulis di dalam Alquran surah Nuh yang berbunyi sebagai berikut:

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا ﴿١٠﴾ يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا ﴿١١﴾ وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا 

"Maka,  aku katakan kepada mereka: Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, -sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat. dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai." (QS: Nuh ayat 10-12)

Nabi Muhammad Membaca Istigfar 70 Kali Sehari

Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam, meskipun dijamin surganya oleh Allah Azza wa Jalla, selalu membaca istigfar lebih dari 70 kali sehari. Padahal, kita sebagai umatnya, jauh lebih membutuhkan ampunan dari Allah Azza wa Jalla.


Makna dari membaca istigfar, menurut para ulama adalah sebagai pengurai simpul dari keinginan untuk bermaksiat. Dan memberikan keyakinan kepada kita bahwa Allah Azza wa Jalla yang patut disembah.

Baca juga: Puasa Sunnah di Bulan Muharram 

Kesimpulannya adalah dengan seringnya kita membaca istigfar, maka akan membuka ampunan dari Allah Azza wa Jalla. Dan, orang yang beristigfar pun akan mendapatkan balasan dari Allah Azza wa Jalla berupa berlimpahnya harta dan rezeki. (as)