Header Ads

ads

Puasa Sunnah di Bulan Muharram

 

Al Muawanah - Ada puasa sunnah di bulan Muharram yang pahalanya sangat besar, yaitu diampuni dosanya selama satu tahun. Inilah puasa 'Asyura yang dilaksanakan pada tanggal 10 Muharram atau bertepatan hari Sabtu, 29 Agustus 2020.

Namun, puasa 'Asyura juga dilakukan oleh orang-orang Yahudi dan Nasrani. Dan untuk membedakannya, kita diharuskan puasa sebelum atau sesudahnya. Itu adalah salah satu puasa yang sangat diistimewakan Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam.

Apalagi berpuasa di salah satu bulan Haram atau suci memiliki keutamaan dan keistimewaan yang besar di sisi Allah Ta'ala.

Keutamaan Puasa Sunnah di Bulan Muharram

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memberikan petunjuk betapa istimewanya puasa di bulan Muharram.
وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ ». قَالَ وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ

Artinya: "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab, "Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang." Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa 'Asyura? Beliau menjawab, "Puasa 'Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu." (HR. Muslim no. 1162) (as)

Lengkapnya, bisa dibaca di sini.