Header Ads

ads

4 Keistimewaan Membaca Surat Yasin Rutin

Al Muawanah - Menurut kebiasaan umat Muslim di Indonesia, Surat Yasin biasa dibacakan pada saat tahlilan, pengajian bersama di malam Jumat, atau acara-acara haul lainnya. 


                                                    Foto Surat Yasin (sumber Instagram)


Surat Yasin adalah surat ke-36 dalam Alquran. Surat ini terdiri dari 83 ayat. Isi surat Yasin beragam. Ada ayat yang bicara tentang kekuasaan Allah SWT, peringatan tentang kematian dan hari akhir, juga kisah perjuangan para syuhada. Surat ini disebut juga sebagai surat Makkiyah, karena diturunkan di kota Mekah. 

Surat ini memiliki keistimewaan jika kita membacanya. Dalam beberapa hadistnya, seperti dikutip dari Sahijab, Rasulullah menyampaikan keistimewaan membaca surat Yasin.

Baca juga: Manfaat Membaca Sayyidul Istigfar Siang dan Malam Hari 

Surat Yasin, sebagai bagian dari Alquran juga akan memberi ganjaran indah tak hanya pada yang membacanya, namun juga orang tuanya. Sebagaimana hadist yang diriwayatkan oleh Abu Daud sebagai berikut:

“Siapa yang membaca Alquran dan beramal dengan isi kandungannya, dianugerahkan kedua ibu bapaknya mahkota di hari kiamat. Cahayanya (mahkota) lebih baik dari cahaya matahari di rumah-rumah dunia. Kalaulah demikian itu matahari berada di rumahmu (dipenuhi dengan sinarnya), maka apa sangkaan kamu terhadap yang beramal dengan ini (al-Qur’an).” (HR. Abu Daud)

Berikut, empat keistimewaan membaca Surat Yasin secara rutin. Yuk, kita diamalkan bersama:

1. Mati syahid jika rutin membacanya tiap malam

Janji tersebut disampaikan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Thabrani sebagai berikut:

“Barang siapa yang membiasakan membaca yasin setiap malam, maka tanpa terduga dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid.” (HR.At- Thabroni)

2. Diampuni dosanya oleh Allah SWT

Dalam riwayatnya yang lain, Ath Thabrani dan Bayhaqi menyebutkan, membaca surat Yasin di malam hari sambil berharap ridho Allah SWT, maka Allah akan mengampuni dosa.

“Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridhoan Allah maka diampuni dosa-dosanya.”(HR. At Thabrani dan Al-Bayhaqi)

3. Diampuni juga dosa yang telah lalu

Tak hanya diampuni dosa di masa sekarang, membaca surat Yasin, dengan mengharap ridho Allah, juga akan membuat dosa masa lalu kita diampuni olehNya. 

“Barang siapa yang membaca surah yasin untuk memohon ridho Allah, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu.” (Al-baihagy)

4. Dimudahkan dan dikabulkan hajatnya

Allah SWT akan memudahkan hajat atau keinginan kita pada satu hal jika mengulang ayat 58 surat Yasin sebanyak tujuh kali.

“Barang siapa yang membaca surat yasin sepenuhnya dan saat mencapai pada ayat 58 surat yasin tersebut diulang sebanyak tujuh kali, maka allah SWT akan mempermudah dan mengabulkan hajatnya.” (as)

Baca juga: Tata Cara dan Niat Sholat Taubat